Saat ini ada berbagai macam Freon yang digunakan untuk sistem pendingin atau AC (Air Conditioner). Mulai dari yang ramah lingkungan sampai yang flammable atau mudah terbakar. Sebelum membahas macam-macam Freon, berikut definisi, penggunaan, dan cara kerja dari Freon.

Definisi

Freon adalah salah satu dari beberapa senyawa organik yang tidak mempunyai gugus fenil (senyawa alifatik) sederhana yang digunakan dalam dunia perdagangan dan industri. Freon mengandung senyawa hidrogen, klorin atau bromin. Freon tidak memiliki warna, tidak berbau, ada jenis Freon yang tidak mudah terbakar, gas atau cairan yang tidak mudah hancur yang digunakan pada lemari pendingin pada tahun 1930. Freon juga digunakan sebagai propelan untuk aerosol. Freon memiliki titik didih, tegangan, dan viskositas yang rendah sehingga sangat berguna sebagai bahan pendingin. (Sumber: Wikipedia)

Penggunaan

Penggunaan Freon sudah semakin luas, umumnya Freon digunakan untuk merubah temperature (baik ruangan, benda, dll) menjadi lebih rendah. Berikut beberapa penggunaan Freon yang sering dijumpai:

  • Freon digunakan dalam Pendingin Ruangan atau AC (Air Conditioner)
  • Freon juga digunakan dalam Lemari Pendingin atau Kulkas
  • Freon digunakan sebagai bahan aerosol, contoh kaleng semprot pengharum ruangan, pilox, hairspray, parfum, dll

Selain itu penggunaan Freon juga terdapat di industri pertanian dan kehutanan, pemadam kebakaran, pembuatan foam, dll.

Cara Kerja Freon

Freon merupakan fluida pendingin, proses kerjanya adalah menyerap kalor (panas) dengan cara evaporasi (merubah cair menjadi gas), dan membuang panas melalui proses kondensasi (merubah gas menjadi cair). Freon tidaklah berbahaya selama zatnya tidak terlepas ke udara bebas, karena jika demikian dampaknya dapat berbahaya bagi kesehatan manusia dan dapat merusak lapisan ozon.

Macam-macam Freon

Ada berbagai macam Freon yang umum digunakan dalam sistem pendingin, yaitu:

1. Freon R22

Freon R22 merupakan freon yang tidak ramah lingkungan dan berpotensi dapat merusak lapisan ozon, memiliki nilai ODP (Ozone Depletion Potential) atau Potensi Perusakan Ozone sebesar 0,05. Dan nilai GWP (Global Warming Potential) atau Potensi Pemanasan Global sebesar 1810. Saat ini sudah terdapat larangan tentang penggunaan freon jenis ini. Di Indonesia sudah tidak diperbolehkan lagi memproduksi atau mengimpor AC yang menggunakan freon R22. Pemerintah Indonesia membatasi penggunaan freon R22 sampai tahun 2030.

Dupont R22 shanghai2. Freon R410a

Freon R410a merupakan freon yang lebih rendah nilai ODP nya dari pada freon R22. Freon ini merupakan freon pengganti dari R22. Memiliki nilai ODP 0 atau nol dan nilai GWP sebesar 2090. Saat ini sudah banyak merk AC yang menggunakan freon R410a.

Dupont R410a USA3. Freon R32

Freon R32 adalah freon yang paling ramah lingkungan dibanding kedua freon diatas. Memiliki nilai ODP 0 atau nol dan nilai GWP 675. Freon jenis inilah yang paling disarankan. Akan tetapi Freon R32 bersifat flammable atau mudah terbakar, untuk itu ketika pengisian jauhkan dari api.

refrigerant R32

Karakteristik Freon R22, R410a dan R32

 

R22

R410a

R32

ODP

0,05 0 0

GWP

1810 2090

675

Cooling Index

100 92

160

Flammability

Tidak Tidak

Rendah

Jenis

Refrigeran komponen tunggal Refrigeran pseudeoazeotropik

Refrigeran komponen tunggal

Oli Refrigeran

Oli mineral Oli sintetis

Oli sintetis

Rasio Tekanan

1 1,6

1,6

Port Servis W1/4 W5/16

W5/16

Yang harus diperhatikan bahwa setiap Freon tidak bisa diganti dengan jenis Freon lainnya. Misal AC dengan Freon R22 diganti dengan Freon R32, hal ini dikarenakan setiap jenis Freon memiliki karakteristik yang berbeda.

 

Berikut beberapa point yang paling sering ditanyakan seputar Freon:

Kapan harus mengisi Freon? Ketika tidak ada kebocoran instalasi, freon tidak akan habis jadi tidak perlu diisi.

Apa ciri-ciri AC yang mengalami kebocoran freon? AC bisa menyala tapi tidak dingin, hanya mengeluarkan angin saja.

Apakah berbahaya ketika AC freon bocor? Sangat berbahaya, jika terhirup akan mengalami keracunan, dan freon yang terlepas ke udara dapat merusak lapisan ozon.

 

Sebaiknya ketika AC bermasalah, tidak dingin, air menetes, suara bising dll segeralah hubungi teknisi ahli yang terpercaya.

Untuk area Balikpapan hubungi Toko AC Balikpapan Mandiri Jaya (Sales, Service, Sparepart), Jl.MT.Haryono Ruko Royal Wika no.08 Balikpapan. 0822 1345 8000.

www.acbalikpapan.com